Alva One telah menetapkan standar baru di segmen motor listrik sejak debutnya di GIIAS 2022.[1] Ditambah, Alva juga baru menghadirkan trim teranyar, yakni XP.[2]
Alva One buatan mana?
Banyak yang bilang motor ini punya “kembaran” di Spanyol. Sekilas memang mirip VT3, tetapi faktanya Alva 100% brand asli Indonesia.
Jadi, jika Anda ingin memiliki motor listrik kebanggaan Indonesia ini, simak terus ulasan lengkapnya.
Mari mulai penjelasan spesifikasi Alva One dari dapur pacunya yang mengusung motor dinamo berjenis hub drive dengan tenaga maksimal 4,8 kW.
Selain itu, motornya juga menawarkan akselerasi instan[3] dengan puncak torsi 46,6 Nm, yang pastinya sangat responsif dan mulus.
Tenaganya langsung disalurkan tanpa transmisi melalui hub drive di roda belakang.[4]
Alva melakukan revisi hub drive pada trim XP agar lebih tangguh, di mana sekarang bisa melewati genangan air sampai setinggi 30 cm.[5]
Berapa jumlah baterai yang digunakan?
Baterai bawaannya cuma satu, tetapi trim XP menyediakan satu lagi slot untuk baterai tambahan yang bisa Anda beli terpisah dengan harga 16 jutaan.[6]
Baterai tersebut berjenis lithium-ion berkapasitas 2,7 kWh.
Sebagai tambahan, Alva One juga dilengkapi tiga mode berkendara, yakni Eco, Cruise, dan e-Sport.
Spesifikasi |
Alva One & XP |
Tipe Motor |
Hub Drive |
Baterai (kWh) |
2,7 |
Daya Maksimum (kW) |
4,8 |
Torsi Maksimum (Nm) |
46,5 |
Dengan spesifikasi di atas, motor listrik Alva One menjanjikan performa yang cukup andal, khususnya di jalanan perkotaan.
Alva tidak merilis catatan waktu akselerasinya, tetapi yang jelas motor ini memiliki top speed 90 kpj.[7] Sama sekali tidak buruk untuk motor harian.
Sementara untuk perkiraan jarak tempuhnya kurang lebih 70 km per baterai dalam sekali pengisian penuh.
Jadi, jika Anda menggunakan trim XP dengan dua baterai, estimasi jarak tempuhnya pun akan bertambah hingga 140 km.
Kendati demikian, angka tersebut juga tergantung pada mode berkendara yang Anda pakai dan kondisi jalannya.
Pada saat baterainya habis, satu baterai membutuhkan waktu pengisian sekitar 4 jam dari kondisi nol hingga penuh.
Satu hal yang membuat motor listrik lebih ekonomis adalah biaya charge baterai. Untuk motor ini, Anda cuma perlu mengeluarkan kira-kira Rp4 ribu.[8]
Performa |
Alva One & XP |
Akselerasi 0-100 kpj (detik) |
- |
Top speed (kpj) |
90 (mode e-Sport) |
Jarak Penggunaan Baterai (km) |
70 |
Pengisian Baterai Penuh (jam) |
4 |
Desain Alva One XP memang kental nuansa Eropa. Alva mengklaim itu terjadi lantaran mereka berkolaborasi dengan salah satu perusahaan Italia.[9]
Alhasil, Alva menyuguhkan desain modern menggabungkan gaya skuter dan sentuhan sporty.
Dimensinya pas untuk ukuran rata-rata orang Indonesia. Tinggi jok Alva One memudahkan Anda ketika mengemudi maupun menapakkan kaki saat berhenti.
Dari sisi depan, lampu LED dengan DRL berbentuk huruf “V” menambah kesan modern pada motor ini.
Sementara bagian sampingnya ramping, joknya lebar, dan menyediakan pijakan kaki yang luas.
Kemudian, velg depan dan belakang sama-sama berukuran 14 inci. Profil ban depannya 90/90, sedangkan ban belakang 110/80.
Desain trim One dan XP sama persis, tetapi pilihan warnanya berbeda.
One XP tersedia dalam lima opsi warna dual tone. Di satu sisi, varian lainnya hanya punya lima warna single tone.[10]
Dimensi |
Alva One & XP |
PxLxT (mm) |
1960 x 755 x 1200 |
Wheelbase (mm) |
1370 |
Ground clearance (mm) |
135 |
Tinggi Tempat Duduk (mm) |
- |
Seperti dikatakan sebelumnya, Alva membekali jok yang lebar dan pijakan kaki yang luas. Semua itu mendukung posisi duduk paling nyaman bagi pengendara.
Posisi setang juga ergonomis, sehingga mengurangi kelelahan pada pergelangan tangan maupun bahu.
Khusus Alva One 2024 alias trim One XP, panel instrumennya di-upgrade ke Dynamic TFT LCD yang baru.
Tampilan layarnya adaptif, dapat menyesuaikan mode terang dan gelap. Di situ Anda bisa melihat speedometer, indikator mode, baterai, dan jarak tempuh.
Selanjutnya, kenyamanan berkendara tentu tidak lepas dari pengaturan suspensi yang seimbang untuk membuat handling lebih mudah.
Di sini Alva memasang suspensi depan teleskopik dan monoshock di belakang untuk meredam guncangan.
Fitur CBS yang mengintegrasikan rem depan dan belakang juga berkontribusi dalam menjaga stabilitas motor dalam situasi tertentu.
Untuk merangkum review Alva One dan XP, berikut beberapa poin kelebihan yang layak dipertimbangkan sebelum Anda membelinya:
Fitur |
One |
XP |
TFT LCD adaptif |
|
✓ |
Warna dual tone |
|
✓ |
Peningkatan hub drive |
|
✓ |
Kesimpulannya, One XP adalah versi penyempurnaan One dengan beberapa peningkatan yang membuatnya lebih unggul dari pendahulunya.
Harga Alva One biasa mulai 30 jutaan, sedangkan trim XP lebih tinggi sekitar 9 jutaan.
Dengan tiga perubahan yang dijelaskan di atas, selisih harga tersebut rasanya sepadan untuk Alva One XP.