Isuzu All New D-Max meluncur di pasar Indonesia melalui GIIAS 2021 setelah dinantikan oleh banyak konsumen.[1]
Meski hanya hadir dengan mesin 1,9 liter, D-Max tetap menawarkan banyak kelebihan.
Pada dasarnya, pick up ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan operasional lapangan. Namun, saat digunakan sebagai mobil harian, ternyata oke juga.
Penasaran apa saja keunggulan Isuzu All New D-Max 2021? Silakan telusuri lebih lanjut spesifikasi, desain, fitur, dan harganya berikut ini.
PT IAMI menghadirkan tiga varian, yakni Isuzu All New D-Max SC, DC, dan Rodeo. Konfigurasi dapur pacu untuk ketiganya 100% sama.
All New D-Max menggunakan mesin diesel RZ4E-TC 1,9 liter. Mesin ini mengusung teknologi VGS turbo yang diatur secara elektrik.[2]
Impresi pertama kebanyakan orang menilai mesin ini kurang gahar, tetapi faktanya D-Max mampu menghasilkan daya hingga 150 PS.
Torsi puncaknya mencapai 35,7 Nm, yang mana menjamin tarikan kuat bahkan saat membawa beban berat.
Sistem penggerak 4WD dengan fitur Shift On The Fly juga menjadi nilai plus.
Fitur ini memungkinkan pengendara beralih antara mode 2WD dan 4WD tanpa perlu berhenti, sangat berguna saat melewati medan yang berubah-ubah.
Ditambah dengan transmisi manual 6-speed untuk perpindahan gigi yang halus.
Spesifikasi |
Isuzu D-Max |
Tipe Mesin |
RZ4E-TC |
Isi Silinder (cc) |
1.898 |
Daya Maksimum (PS) |
150 |
Torsi Maksimum Mesin (Nm) |
35,7 |
Isuzu All New D-Max 4x4 membuktikan bahwa ukuran mesin bukanlah segalanya.
Ya, meski jadi satu-satunya double cabin di Indonesia yang bermesin diesel di bawah 2 liter, output yang dihasilkan cukup mengagumkan.
Bukti pertama, akselerasi dari 0 hingga 100 kpj dicapai dalam 12,8 detik saja.[3] Angka ini cukup impresif jika melihat bobot kendaraan dan kapasitas mesinnya.
Selain itu, efisiensi bahan bakar juga menjadi keunggulan lainnya. D-Max menawarkan penghematan signifikan dengan konsumsi BBM kombinasi 14,2 kpl.[4]
Pada kecepatan rendah, efisiensi bahan bakar meningkat drastis.[5]
Saat offroad, traksinya juga sangat baik. Kemampuan melibas medan berat pun terasa effortless.
Performa |
Isuzu D-Max |
Akselerasi 0-100 kpj (detik) |
12,8 |
Konsumsi BBM kombinasi (kpl) |
14,2 |
Kapasitas tangki (liter) |
76 |
Generasi ketiga Isuzu D-Max hadir dengan pembaruan pada desain eksteriornya. Tampilan yang lebih modern dan maskulin menjadi daya tarik utama.[6]
Dimensi besar menjadikan Isuzu All New D-Max DC pilihan tepat untuk medan berat, misalnya tambang.
Varian SC (single cabin) memiliki dimensi agak lebih compact dengan bak yang lebih luas.
Selanjutnya, ground clearance setinggi 220 mm memberikan kepercayaan diri saat melewati berbagai rintangan. Bahkan, Isuzu mengklaim D-Max mampu melalui genangan air hingga sedalam 80 cm tanpa masalah.[7]
Dari segi desain, gril mendapat penyegaran. Lampu depan mengadopsi desain Diamond Cut yang menawan, meskipun masih menggunakan halogen. Pada bagian ini, hanya tipe DC Rodeo yang dilengkapi fog lamp.
Kemudian bagian samping, velg 16 inci untuk SC dan 17 inci untuk DC melengkapi tampilan D-Max. Spion elektrik dengan lampu sein LED juga menambah kesan modern.
Di sisi lainnya, bagian bak belakang tipe Rodeo mendapat lampu kombinasi LED, sedangkan SC dan DC hanya lampu standar.
Eksterior |
SC |
DC & Rodeo |
Panjang x Lebar x Tinggi (mm) |
5.230 x 1.810 x 1.770 |
5.265 x 1.870 x 1.785 |
Ground Clearance (mm) |
220 |
|
Wheelbase (mm) |
3.125 |
|
Velg (inci) |
16 |
17 |
Meskipun mobil ini akan sering digunakan untuk melewati jalanan terjal, tetapi Isuzu tetap ingin pengemudi dan penumpang tetap nyaman di dalam.
Ruang kabin terasa lega, menawarkan fleksibilitas lebih untuk ruang kepala dan kaki.[8]
Isuzu All New D-Max Rodeo bahkan memanjakan Anda dengan jok berbahan kulit premium. Sementara varian SC dan DC menggunakan material vinyl.[9]
Kemudian beralih ke dasbor, bahannya terbuat dari material keras yang tahan banting. Berbagai kompartemen penyimpanan juga tersedia di area ini.
Untuk kemudinya, kali ini berdiameter lebih kecil untuk meningkatkan responsivitas berkendara. Khususnya tipe Rodeo, setir dilengkapi fitur tilt telescopic.
Sistem hiburan bervariasi antar tipe. SC dan DC hanya berupa radio 2 Din dengan bluetooth. Di sisi lain Rodeo menggunakan layar sentuh IPS 7 inci yang modern.
Soal fitur keamanan, kelengkapan pada ketiga tipe berbeda-beda.
SC memiliki fitur paling dasar, meliputi dual airbag, ABS, EBD, Brake Assist, Emergency Stop Signal. Paket ini berlaku juga pada D-Max DC standar.
Hanya Rodeo yang hadir dengan fitur ADAS, paling lengkap di antara semua, termasuk ESC, TCS, HSA, HDC, Rear Camera, dan Immobilizer.
Jika terjadi kecelakaan, ada pula fitur sistem Crash Door Unlock yang membantu membuka kunci secara otomatis.
Dengan beberapa perbedaan fitur ini, Isuzu memberi keleluasaan pilihan sesuai kebutuhan Anda.
Fitur |
SC |
DC |
Rodeo |
Layar sentuh |
|
|
✓ |
Fog Lamp |
|
|
✓ |
ABS + EBD + BA |
✓ |
✓ |
✓ |
Power Window |
|
✓ |
✓ |
Harga Isuzu All New D-Max baru saat ini mulai 390 jutaan untuk varian termurah (single cabin).
Sementara double cabin harganya 470 jutaan (DC) hingga 497 jutaan (Rodeo) atau lebih mahal di beberapa dealer.