Persaingan KIA EV6 vs Toyota bZ4X di pasar mobil listrik Indonesia cukup kompetitif, mana yang lebih baik?
Sebenarnya baik KIA maupun Toyota, keduanya sama-sama menawarkan keunggulan. Tinggal Anda menentukan mobil yang paling sesuai kebutuhan.
Apakah lebih penting budget atau performa? Agar tidak salah pilih, pelajari baik-baik poin plus dari masing-masing produk di artikel ini.
Anda akan mengetahui perbandingan spesifikasi mesin, performa, desain, hingga fitur-fiturnya.
KIA EV6 Indonesia hanya tersedia dalam varian GT-line, yang diperkenalkan di ajang GIIAS pertengahan 2022.
Tidak seperti mobil listrik pada umumnya, EV6 GT-line memiliki dapur pacu sangat tangguh.
Sistem AWD EV6 didorong oleh motor penggerak ganda dengan keluaran maksimum 325 ps dan puncak torsinya 605 Nm.
Kedua motor mendapat sumber tenaga dari baterai berkapasitas 77,4 kWh.
Di sisi lain Toyota bZ4X Indonesia menggunakan sistem FWD dengan model motor listrik 1XM.
Tenaga yang dihasilkan ternyata tidak sebesar EV6, yaitu hanya 203 hp dan torsi 266 Nm. Baterainya 71,4 kWh dengan voltase 355,2.
Sebelum membandingkan performanya, di bawah ini rangkuman spesifikasi mesin milik KIA EV6 dan Toyota Bz4X.
Spesifikasi |
EV6 |
bZ4X |
Tipe Mesin |
PMSM |
1MX |
Kapasitas Baterai (kWh) |
77,4 |
71,4 |
Daya Maksimum (ps) |
325 |
203 |
Torsi Maksimum (Nm) |
605 |
266 |
Dari segi mesin, keunggulan jelas berpihak pada KIA EV6. Namun, ternyata efisiensi baterainya hampir sama dengan Toyota bZ4X.
Dalam kondisi baterai full, Anda dapat berkendara sampai dengan 506 km dengan EV6. Di sisi lain, Toyota bZ4X jarak tempuh maksimumnya 500 km.
Jika di tengah jalan kehabisan baterai, Anda cuma butuh 18 menit untuk mengisi 80% pada EV6. Sedangkan bZ4X, untuk kapasitas yang sama, waktunya 30 menit.
Keunggulan mutlak EV6 adalah dari segi kemampuan akselerasi. Keduanya terpaut cukup jauh.
Waktu berakselerasi 0-100 kpj bagi EV6 yakni 5,2 detik. Toyota bZ4X lebih lambat dengan catatan waktu 7,5 detik.
Hal itu menunjukkan dual penggerak EV6 memberi pengaruh yang sangat signifikan.
Performa |
EV6 |
bZ4X |
Akselerasi 0-100 km/jam (detik) |
5,2 |
7,5 |
Top Speed (km/jam) |
260 |
160 |
Jarak Tempuh (km) |
506 |
500 |
KIA EV6 GT-line menghadirkan lima pilihan warna dengan desain unik. Aksen khas GT-line menguatkan nuansa sporty di semua bagian.
Secara keseluruhan Anda melihat konsep yang sama sekali berbeda dari SUV keluaran KIA lainnya. Mereka benar-benar membuat model yang menonjol.
Ada beberapa fitur pada eksterior EV6.
Pertama, pegangan pintu yang muncul otomatis dengan sensor sentuhan.
Kedua, pattern lampu depan bisa bergerak. Bentuknya sangat elegan. Semua lampu belakang juga sudah full LED dengan tampilan yang futuristik.
Di sisi lain, bZ4X menggunakan platform andalan Toyota khusus mobil listrik yaitu e-TNGA.
Grille milik bZ4X terlihat sangat tajam, ditambah desain lampu depan yang sipit. Desain hi-tech minimalis seperti ini memang jadi ciri khas mobil listrik Toyota.
Sudut-sudut yang tajam di sisi depan menggambarkan bZ4X sebagai SUV yang atraktif. Selain itu, desain hammerhead membuat aerodinamika lebih baik.
Beberapa aksen tambahan juga sangat fungsional. Misalnya spoiler di bagian roof bisa meningkatkan aerodinamika.
Namun, fitur yang paling menjadi sorotan yaitu spion elektrik lengkap dengan kameranya. Lampu sein juga tersemat di kedua spion.
Untuk pilihan warna, bZ4X memiliki empat opsi. Semuanya bertema dual tone.
Eksterior |
EV6 |
bZ4X |
Panjang x Lebar x Tinggi (mm) |
4.695 x 1.890 x 1.550 |
4.690 x 1.860 x 1.600 |
Ground Clearance (mm) |
178 |
210 |
Jarak Poros Roda (mm) |
2.900 |
2.850 |
Beralih ke bagian interior, baik EV6 maupun bZ4X menyuguhkan kenyamanan ekstra bagi penumpang.
Mari bahas KIA EV6 interior terlebih dahulu yang penuh fitur canggih serta desain yang stylish.
EV6 GT-line berkapasitas lima penumpang. Kabinnya lega, ruang kaki luas, nyaman, lengkap.
Pertama masuk, Anda menemukan dua layar berukuran 12,3 inci yang tersambung. Namun, integrasi ke aplikasi ponsel masih memerlukan kabel. Hal menarik lainnya yaitu HUD berkonsep augmented reality.
Kemudian kursi di baris depan memiliki kontrol temperatur untuk membuat punggung tetap adem.
Bergeser ke baris kedua, ruangnya besar, dilengkapi headrest serta armrest di tengah. Posisi kursinya pun adjustable.
Jika baris kedua tidak digunakan, Anda bisa merebahkan kursinya untuk menambah kapasitas bagasi hingga 1.300 liter.
“KIA sangat memperhatikan kampanye ramah lingkungan mereka. Salah satunya mereka terapkan dengan penggunaan kulit sintetis daur ulang untuk elemen interior.”
Di sisi lain, Toyota bZ4X interior tidak kalah oke.
Sorotan utamanya jelas pada desain dasbor mewah yang terbuat dari material kulit premium.
Semua tombol fungsi mudah dijangkau sehingga tidak akan mengganggu fokus mengemudi. Apalagi, mobil ini dilengkapi advanced MID modern.
Kemudian di sebelah setir terdapat layar multimedia 12,3 inci yang tujuannya memang untuk memudahkan pengemudi.
Bagi penumpang, kenyamanan didukung dengan berbagai fitur kekinian, mulai pengisi daya nirkabel hingga multimedia unit berukuran besar.
Agar tidak bosan, Anda bisa melihat langit dari dalam lewat panoramic roof di baris pertama dan kedua. Pastinya, penumpang akan betah selama bepergian.
Secara keseluruhan, sebenarnya kedua mobil tidak jauh berbeda. Akan tetapi, KIA EV6 memiliki beberapa fitur canggih yang lagi-lagi membuatnya unggul.
Dari sisi keamanan, kedua produsen sangat memperhatikan secara detail.
“KIA bahkan menyatakan bahwa fitur keselamatan adalah teman berkendara terbaik. Jadi, mereka serius menggarap teknologi penunjang keselamatan.”
Fitur terpenting jelas airbags. Itu tersebar di tujuh titik untuk pengemudi dan penumpang.
Untuk keamanan berkendaranya, KIA menggunakan Advance Driving Assistance System (ADAS). Di dalamnya meliputi RCCA, RSPA dan FCA.
RCCA adalah fitur yang berguna untuk mencegah tabrakan ketika kendaraan jalan mundur. Sensornya dapat mendeteksi objek di sekitar.
Sementara FCA adalah kebalikan RCCA, yaitu untuk mendeteksi objek dari depan melalui kamera depan serta radar. Salah satu efeknya adalah rem otomatis.
Di sisi lain, Toyota bZ4X sebenarnya punya penunjang keamanan serupa. Hanya saja nama fiturnya berbeda.
Yang pertama, jelas dilengkapi airbags. Lalu EV6 maupun bZ4X juga sama-sama menggunakan fitur safety exit.
Untuk parkir, Toyota menggunakan fitur PSB untuk meminimalkan benturan.
Selain itu pula ada fitur pencegahan tabrakan dari depan maupun belakang bernama RCTA dan RCD. Intinya, fitur keamanan kedua mobil listrik ini lengkap.
Khusus bZ4X juga dibekali Toyota Safety Sense.
Harga KIA EV6 Indonesia varian GT-line untuk on the road Jakarta yaitu 1,3 miliar. Saat ini masih jadi yang termahal di antara mobil KIA lainnya di Tanah Air.
Terpaut sekitar 100 jutaan, Toyota bZ4X harga terbarunya berada di kisaran 1,2 miliar per unit. Hanya ada satu varian dengan waktu inden selama tiga bulan.
Akan tetapi, harga untuk keduanya bisa berbeda tergantung dealer tempat Anda membelinya.