BERITA

Royal Enfield Classic 350, Cruiser Retro dengan Fitur Modern

Royal Enfield Classic 350, Cruiser Retro dengan Fitur Modern Royal Enfield Classic 350, Cruiser Retro dengan Fitur Modern

Royal Enfield Classic 350 terbaru telah hadir di Indonesia sejak awal 2022. Motor ini mewarisi desain legendaris dari model G2 tahun 1948.[1]

Namun, Royal Enfield membawa pembaruan signifikan. Tujuannya untuk memenuhi standar berkendara modern.

Classic 350 kini menggendong mesin J-series baru. Selain itu, tersedia berbagai pilihan warna menarik.

Untuk lebih jelasnya, simak review Royal Enfield Classic 350 berikut ini.

Spesifikasi Mesin

Mesin J-series anyar yang menjadi andalan spesifikasi Royal Enfield Classic 350 berkapasitas 349 cc dengan konfigurasi 1-silinder 4-tak.[2]

Peningkatan utamanya, yakni pada penambahan balancer shaft. Komponen ini mampu meredam getaran mesin secara signifikan.[3] Hasilnya, mesin terasa lebih tenang, bahkan di kecepatan tinggi.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena suara khas dentuman klasiknya tetap dipertahankan.

Secara output, mesin ini mampu menghasilkan tenaga 20,2 HP serta torsi puncak mencapai 27 Nm.

Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 5-percepatan yang responsif.

Spesifikasi

Classic 350

Tipe Mesin

1-silinder, 4-tak, SOHC

Isi silinder (cc)

349

Daya Maksimum (HP)

20,2

Torsi Maksimum (Nm)

27

Performa

Fokus utama performa Classic 350 adalah kenyamanan cruising. Jadi, motor ini bukan untuk mengejar kecepatan tinggi.

Meskipun demikian, catatan akselerasinya cukup baik. Waktu tempuh dari 0–100 kpj cuma sekitar 16,7 detik berdasarkan pengetesan salah satu media otomotif.[4]

Sementara itu, kecepatan puncaknya bisa mencapai 121 – 122 kpj.[5] Namun, sensasi terbaik bisa Anda rasakan pada saat berkendara santai.

Karakter mesin long stroke membuatnya responsif di putaran rendah. Tenaganya terasa lembut, tetapi tetap berisi sejak awal tarikan gas.

Kemampuan ini memungkinkan motor melaju pelan dengan stabil. Bahkan, tanpa perlu memutar gas terlalu dalam.

Untuk efisiensinya, konsumsi BBM Royal Enfield Classic 350 dalam kondisi berkendara normal rata-rata 54,2 kmpl.[6]

Secara keseluruhan, motor ini relatif nyaman digunakan di berbagai kondisi jalan, termasuk untuk menemani perjalanan jauh Anda.

Performa

Classic 350

Akselerasi 0-100 kpj (detik)

16,7

Top speed (kpj)

121 – 122

Konsumsi rata-rata BBM (kpl)

54,2

Kapasitas tangki (liter)

13

Desain

Dari segi tampilan, pabrikan Inggris mempertahankan banyak elemen klasik ikonik.[7] Contohnya, lampu depan bundar dan bentuk tangki teardrop.

Selain itu, penggunaan jok model terpisah juga menambah kesan klasiknya. Lampu-lampu lainnya juga didesain serba bundar.

Detail unik lainnya adalah kehadiran “lampu harimau” kecil yang menjadi ciri khas motor Royal Enfield.

Pada bagian kaki-kaki, ukuran velg-nya berbeda pada kedua roda, 19 inci untuk depan dan 18 inci di belakang.

Untuk desainnya, Anda bisa memilih varian model jari-jari (spoke) atau velg palang (alloy) yang lebih modern.

Bersama elemen klasik, Royal Enfield memasukkan sejumlah fitur modern, seperti kombinasi panel instrumen analog dan digital.

Selain itu, ada pula port USB tersembunyi untuk memudahkan pengisian daya gadget saat berkendara.

Untuk warna, di Indonesia sendiri tersedia sembilan pilihan warna dari empat tipe: Halcyon, Signals, hingga Dark.

Royal Enfield Classic 350 Halcyon berpenampilan sangat tradisional.

Sementara, Dark hadir dengan cat doff dan velg alloy.

Ada pula tipe Royal Enfield Classic 350 Chrome yang memiliki aksen krom mewah pada bodinya.

Namun, jika Anda menginginkan desain yang lebih bertema militer, maka pilih tipe Classic 350 Signals.

Di samping skema warna, khusus tipe Royal Enfield Classic 350 Dark, kaki-kakinya menggunakan jenis ban tubeless, yang menjadikannya unik.

Dimensi

Classic 350

Panjang x Lebar (mm)

2.145 x 785 x 1.090

Wheelbase (mm)

1.390

Ground Clearance (mm)

170

Tinggi Tempat Duduk (mm)

805

Kenyamanan Berkendara

Bagian depan memakai garpu teleskopik 41 mm. Sementara itu, suspensi belakang mengandalkan twin gas shock. Fitur ini memiliki setelan preload untuk penyesuaian bobot.[8]

Sektor pengereman juga berkontribusi besar pada handling. Motor ini sudah mengadopsi rem cakram pada kedua roda serta sistem ABS dual channel.

Selama berkendara, posisi duduk juga sangat ergonomis berkat tinggi jok 805 mm. Ditambah lagi, desain joknya tebal dan sangat empuk. Ini memastikan kenyamanan terjaga dalam perjalanan panjang sekalipun.

Pengendalian pun terasa stabil meskipun bobot motor mencapai 195 kg. Kemudian posisi kaki pengendara rileks karena letak footpeg-nya yang agak maju ke depan, mendukung gaya berkendara santai.

Keunggulan Classic 350

Jadi, apakah Classic 350 adalah pilihan yang layak?

Semua kembali pada preferensi Anda.

Silahkan pertimbangkan kembali beberapa keunggulan utamanya sebelum mengintip harganya:

  • Tampilan klasik yang tak lekang oleh waktu dan tren.
  • Performa mesin J-series terbaru lebih halus dan minim getaran.
  • Suspensi dan ergonomi berkendara nyaman, bahkan untuk jarak jauh.
  • Sistem pengereman ABS dual-channel menjadi fitur standar.
  • Tersedia banyak pilihan warna dan tema sesuai selera personal.

Harga

Intinya, Classic 350 menggabungkan pesona klasik dengan keandalan modern. Hal ini menjadikannya pilihan menarik di segmen motor retro.

Harga Royal Enfield Classic 350 Indonesia saat ini berkisar Rp105 juta hingga Rp110 jutaan (OTR Jakarta).

Angka ini tergolong kompetitif di segmennya dan sayang untuk dilewatkan.