Mengusung tagline “Berani Diadu”, Suzuki All New Satria F150 percaya diri mengklaim sebagai motor terbaik di kelas underbone 150.
Tak hanya desain strip yang baru, spesifikasi dan performa motor garapan Suzuki ini pun semakin moncer di kelas ini.
Dengan tampilan yang sporty dan futuristik serta desain yang lebih aerodinamis, New Satria F150 menjanjikan penampilan yang optimal.
Di sini Anda dapat mengetahui:
Simak ulasannya sampai akhir.
Turun di kelas motor bebek underbone, spesifikasi New Satria F150 mengandalkan mesin DOHC 4 katup, 1 silinder, berkubikasi 147cc dan pendingin cairan.
Transmisinya ada 6 kecepatan dengan sistem bahan bakar injeksi yang sudah menggunakan standar emisi Euro 3.
Dengan spesifikasi tersebut, daya maksimal yang tersembur mampu mencapai 13,6 Kw dan torsi maksimalnya tembus 13,8 Nm.
Angka ini cukup impresif mengingat motor underbone 150cc memiliki rerata daya maksimal di angka 11-12 Kw. Tak heran jika Suzuki berani mengklaim sebagai yang tercepat di kelas ini.
Spesifikasi |
New Satria F150 |
Tipe Mesin |
1 Silinder, 4 Katup, DOHC, liquid cooled. |
Kapasitas |
147 cc |
Daya Maksimum |
13,6 Kw/10.000 rpm |
Torsi Maksimum |
13,8 Nm/8.500 rpm |
Melihat spesifikasi mesinnya yang unggul, performa New Satria F150 tampak menjanjikan.
Dalam pengujian, akselerasi 0-60 km/jam mampu tercapai hanya dalam 3,8 detik. Ini jauh lebih unggul dari rival di kelasnya yang rerata masih di atas 4 detik.
Di putaran atas, kecepatan 100 km/jam dapat tercapai hanya dalam 11,1 detik dari posisi berhenti. Kecepatan maksimumnya pun tembus 147 km/jam, dengan catatan dicoba di sirkuit balap agar maksimal.
Tak hanya itu, dari segi konsumsi BBM pun, motor ini terbilang unggul.
Pada pengujian dengan metode how far can you go, 1 liter bensin pertamax mampu menempuh jarak hingga 49 km. Ini dengan catatan cara berkendara yang stabil di kecepatan 50-70 km/jam.
Performa |
New Satria F150 |
Akselerasi 0-60 km/jam |
3,8 detik |
Akselerasi 0-100 km/jam |
6,6 detik |
Top speed |
147 km/jam |
Konsumsi BBM |
49 km/liter |
Kapasitas tangki |
4 liter |
Khas motor underbone, desain New Satria F150 terlihat lebih sporty dengan tinggi yang lebih pendek, hanya 980 mm.
Dengan tinggi jok hanya 765 dan jarak poros roda 1.280 mm, Anda akan merasakan sensasi berkendara seperti berada di lap Moto GP. Persis seperti klaimnya, sporty dan agresif.
Dimensi |
New Satria F150 |
P x L x T (mm) |
1.960 x 675 x 980 |
Wheelbase (mm) |
1.280 |
Ground Clearance (mm) |
150 |
Seat Height (mm) |
765 |
Berat Isi (kg) |
109 |
Lampu depannya sudah LED dengan bentuk menyerupai kepala robot. Komponen lain mengusung lekuk yang tajam yang tampak dari sayap, meruncing hingga ke belakang.
Menariknya, dasbor speedometer New Satria F150 sudah full digital dengan cahaya ambient yang nyaman di mata. Kombinasi desain robotik dengan dashboard digital ini memberikan kesan futuristik yang menawan.
Suzuki tampaknya lebih berfokus pada kecepatan saat meng-upgrade motor underbone ini. Hal ini terlihat dari suspensi yang kurang mampu mengimbangi kelajuan mesinnya.
Dengan suspensi depan teleskopik dan belakang swing arm monoshock tanpa link, redamannya terasa terlalu lembut. Begitu juga dengan penggunaan roda belakang yang relatif sempit, 80-90/17.
Hasilnya, saat menikung dengan kecepatan cukup tinggi, bagian belakang terasa agak bergoyang. Apalagi rem cakram dengan clippernya yang baru, terasa sangat responsif.
Walau demikian, secara postur berkendara termasuk cukup ergonomis. Meski tetap sporty, tapi cukup nyaman untuk pemakaian jarak jauh.
Apalagi ada fitur 1-push start system dan shuttered key dengan sekali tekan. Cukup memudahkan untuk stop and go, sekaligus tetap aman.
Dari review All New Satria F150 di atas, keunggulan motor underbone ini dapat disimpulkan dalam poin berikut.
“Secara keseluruhan, semua klaim dari Suzuki tentang performa tercepat, tampilan yang agresif, dan desain yang sporty terjawab semua di motor ini”.
Dengan keunggulan performa dan desain di atas, harga New Satria F150 2022 cukup terjangkau di angka Rp26 juta-an.