Toyota Agya GR Sport pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2021. Kehadirannya menggantikan varian TRD Sportivo yang legendaris.
Kemudian pada 2023, generasi keduanya meluncur dengan berbagai pembaruan signifikan. Awal tahun 2025, PT TAM kembali memberikan penyegaran untuk varian GR-S ini.[1]
Meskipun ubahannya minor,[2] Agya GR-S tetap patut Anda pertimbangkan di segmen city car sporty. Mari mengenal lebih dekat Agya GR Sport terbaru.
Dari sisi jantung pacu, mesin Toyota Agya GR Sport tidak mengalami perubahan. Toyota masih memercayakan mesin 1.2L DOHC Dual VVT-i yang terkenal efisien.
Tenaga maksimal yang dapat dihasilkan mencapai 88 PS, sedangkan torsi puncaknya berada di angka 113 Nm.
Sistem penggerak menyalurkan output mesin tersebut melalui roda depan (FWD) dengan transmisi otomatis CVT atau opsi manual 5-percepatan.
Spesifikasi |
Agya GR-S |
Tipe Mesin |
1.2L 3 Silinder Segaris, 4 Katup, Dual VVT-i |
Isi Silinder (cc) |
1.198 |
Daya Maksimum (PS) |
88 |
Torsi Maksimum Mesin (Nm) |
113 |
Meski mesinnya bukan yang terkuat di kelasnya, tarikan mesin Agya GR Sport CVT terasa sangat responsif.
Berdasarkan hasil pengujian independen oleh sejumlah media otomotif, akselerasi 0-100 kpj dapat ditempuh dalam 11-12 detik saja.
Di sisi lain, varian manual memang sedikit lebih lambat, tetapi performa mesinnya sama-sama agresif.
Terkait performa mesin yang tinggi, Toyota menjanjikan efisiensi bahan bakar yang cukup oke.
Kendati tidak termasuk LCGC, konsumsi BBM Agya GR Sport menurut klaim pabrikannya bisa irit sampai 22 kmpl untuk transmisi manual dan 21,8 kmpl untuk CVT.[3]
Sementara pengujian nyata di rute dalam kota oleh pihak ketiga rata-rata menunjukkan angka di bawah 20 kmpl, yaitu antara 13–17 kmpl.[4][5][6]
Perbedaan ini wajar, mengingat kondisi jalan dan gaya berkendara sangat memengaruhi hasilnya.
Selain akselerasi dan efisiensi, handling Agya GR-S juga lebih nyaman berkat tuning khusus pada kaki-kakinya. Body roll sangat minim, cocok untuk Anda yang menyukai sensasi sporty.
Performa |
Agya GR-S |
Akselerasi 0-100 kpj (detik) |
11-12 |
Konsumsi BBM klaim pabrikan (kmpl) |
22-21,8 |
Konsumsi BBM dalam kota (kmpl) |
13-17 |
Kapasitas tangki (liter) |
33 |
Total ada enam pilihan warna eksterior, termasuk Agya GR Sport two tone kombinasi hitam-merah dan putih-hitam.
Namun, yang menjadi ciri khas dari varian GR Sport tentu saja pemasangan body kit lengkap serta emblem GR Sport.
Seperti apa desainnya?
Pada bagian depan, Toyota menyematkan sleek upper grille berwarna hitam, diapit dua lampu depan yang sudah disertai DRL. Sistem pencahayaan utamanya itu mengandalkan lampu LED.
Selanjutnya, di sisi samping tersemat side skirt GR menyambung dari depan hingga ke belakang. Detail ini menciptakan siluet sporty yang sangat kuat.
Sementara velg-nya menggunakan desain two-tone berukuran 15 inci. Velg dengan 10 spoke ini makin memperkuat kesan agresif Agya GR-S.
Terakhir, pada bagian belakang, tampilannya mencampurkan retro-modern, yang akan mengingatkan Anda pada Toyota Starlet era 90-an. Sentuhan klasik ini memberikan nuansa unik pada tampilan sporty Agya GR-S.
Kombinasi aksen hitam di bagian atap, spoiler, dan spion membuatnya makin terlihat seperti mobil balap.
Eksterior |
Agya GR-S |
Panjang x Lebar x Tinggi (mm) |
3.760 x 1.665 x 1.505 |
Ground Clearance (mm) |
160 |
Wheelbase (mm) |
2.525 |
Velg (inci) |
15 |
Interior Agya GR Sport berkonsep full modern dengan berbagai teknologi terkini. Kabinnya compact, berkapasitas 5-seater.[7]
Desain keseluruhan dasbor sangat sporty. Tata letaknya ergonomis sehingga memudahkan akses bagi pengemudi.
Di tengah dasbor terpasang head unit layar sentuh 8 inci yang mendukung Mirrorlink serta dilengkapi fitur kamera belakang.
Tepat di hadapan pengemudi, terdapat layar lainnya, TFT MID sebesar 7 inci, yang menyajikan informasi kendaraan secara jelas.
Untuk kenyamanan genggaman, lingkar kemudi dan tuas transmisinya juga berbalut kulit. Berbagai tombol pengaturan pun terintegrasi di lingkar kemudi tersebut.
Bagi penyuka sensasi berkendara manual, pada varian CVT tersedia pula Dynamic Paddle Shift.
Tidak kalah dengan setir, joknya menggunakan bahan suede premium. Sekilas, modelnya terlihat mirip jok mobil balap.
Sebagai varian termahal, tentu New Agya GR Sport dibekali fitur keamanan paling lengkap.
Pertama, mobil ini memiliki sistem dual airbag yang melindungi pengemudi serta penumpang depan saat terjadi benturan.
Fitur VSC juga sudah disertakan. VSC membantu menjaga stabilitas mobil pada saat bermanuver atau melewati tikungan licin.
Selain itu, terpasang kamera mundur dan sensor di bodi belakang untuk memudahkan parkir di area sempit.
Tidak kalah penting dengan fitur-fitur canggih lainnya, Toyota melengkapi sistem pengereman dengan ABS dan EBD.
Saat ini harga Agya GR Sport berkisar antara Rp236 juta hingga Rp256 juta. Pilihan termurah adalah manual single tone, sedangkan yang termahal CVT two tone.
Bagi Anda yang mendambakan hatchback bergaya racing dengan fitur lengkap dan harganya terjangkau, New Agya GR Sport jelas menjadi opsi menarik di pasaran. Dimensi yang compact membuatnya sangat lincah di jalanan perkotaan.