BERITA

Yamaha Gear Ultima Hybrid, Gesit Bertenaga & Makin Irit BBM

Yamaha Gear Ultima Hybrid, Gesit Bertenaga & Makin Irit BBM Yamaha Gear Ultima Hybrid, Gesit Bertenaga & Makin Irit BBM

Yamaha Indonesia meresmikan penjualan Yamaha Gear Ultima terbaru untuk segmen entry-level pada Maret 2025.

Bukan facelift, motor ini membawa pembaruan total di dengan mengusung teknologi hybrid yang diklaim irit, cocok untuk mobilitas harian Anda.[1]

Seperti apa detail spesifikasi dan keunggulan motor ini? Langsung saja simak review lengkapnya.

Spesifikasi Mesin

Basis spesifikasi Yamaha Gear Ultima sebenarnya sama seperti Fazzio, yakni menggunakan mesin 125 cc Blue Core.

Berbedanya dengan generasi lama, kali ini Yamaha menyematkan teknologi hybrid. Karakter mesinnya jadi lebih kalem, responsif, dan hemat bahan bakar.[2]

Cara kerja sistem hybrid ini adalah dengan memberikan dorongan tenaga tambahan selama tiga detik pertama pada saat motor berakselerasi.

Alhasil, Anda akan merasakan sensasi tarikan awal yang bertenaga. Sensasi ini mirip seperti mendapat dorongan “NOS” dalam waktu singkat.

Di atas kertas, mesin bertipe 4-tak SOHC ini dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 6,2 kW dan torsi puncak di angka 10,6 Nm.

Spesifikasi

Gear Ultima Hybrid

Tipe Mesin

4-tak, SOHC, silinder tunggal

Isi silinder (cc)

124,86

Daya Maksimum (kW)

6,2

Torsi Maksimum (Nm)

10,6

Performa

Dari segi performa, Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid memberikan akselerasi awal instan berkat dukungan sistem hybrid.

Sayangnya, belum ada catatan waktu resmi untuk akselerasi 0-100 kpj. Namun, kecepatan puncaknya diperkirakan antara 100 – 110 kpj, standar matic 125 cc.

Di sisi lain, konsumsi BBM Yamaha Gear Ultima Hybrid menjadi nilai jual utamanya.

Hasil pengujian riil dengan metode full-to-full menunjukkan angka rata-rata 54-59 km per liter.[3][4] Ada pula klaim yang menyebutkan angka efisiensi hingga 74,5 km per liter.[5]

Di jalanan perkotaan, motor ini terasa lincah dan ringan sehingga memudahkan pengendara bermanuver di tengah lalu lintas padat.

Meski karakter mesinnya kalem, torsi yang besar juga membantu melibas tanjakan dengan lebih percaya diri.

Secara umum, motor ini sangat ideal untuk perjalanan jarak pendek hingga menengah.

Performa

Gear Ultima Hybrid

Akselerasi 0-100 kpj (detik)

-

Top speed (kpj)

100 – 110

Konsumsi rata-rata BBM (kpl)

54-59

Kapasitas tangki (liter)

5,1

Desain

Perbedaan utama desain Yamaha Gear Ultima Hybrid S dan tipe standar hanya pilihan warnanya. Hybrid S memiliki dua pilihan warna eksklusif.

Secara dimensi, motor ini terasa ringan dan ramping. Bobot isinya hanya 95 kg.

Tinggi jok 750 mm dan ground clearance 135 mm membuatnya bersahabat untuk rata-rata postur pengemudi di Indonesia.

Walaupun ramping, desain bodi Gear Ultima terbaru ini terlihat kekar dan maskulin.

Di bagian depan, desain lampu utamanya bertumpuk dan sudah LED. Namun, lampu sein dan lampu belakang masih bohlam.

Kemudian desain grip stang menggunakan gaya klasik retro. Khusus tipe Hybrid S, panel instrumennya full digital.[6]

Pada kaki-kakinya, Yamaha menggunakan velg depan dan belakang berukuran 12 inci. Profil ban 110/70 tipe tubeless.

Di sisi samping terlihat banyak ornamen “bold” untuk kesan kokoh. Wheelbase juga lebih panjang 20 mm dibanding Gear 125.

Terakhir, desain bagian belakang terbilang standar. Spakbornya kecil, seperti milik Fazzio.

Dimensi

Gear Ultima Hybrid

Panjang x Lebar (mm)

1.850 x 685 x 1.075

Wheelbase (mm)

1.280

Ground Clearance (mm)

135

Tinggi Tempat Duduk (mm)

750

Kenyamanan Berkendara

Melihat desainnya tadi, Yamaha Gear Ultima 2025 memang dirancang dengan mengutamakan kenyamanan pengendara.

Salah satu peningkatan signifikan terasa pada bagian jok yang kini lebih lebar. Permukaan jok juga keset dengan busa empuk.

Selanjutnya, ruang kaki terasa lebih lega dibandingkan versi lama. Bahkan pengguna yang ukuran sepatunya besar pun tetap merasa leluasa.

Posisi kemudi juga dibuat rendah dan tidak terlalu lebar. Hal ini menciptakan posisi berkendara yang ergonomis. Anda jadi tidak mudah pegal.[8]

Bergeser ke jok, ukurannya cukup panjang. Bagasi di bawah joknya pun tergolong luas, mencapai 18 liter. Kapasitas ini cukup untuk menampung helm open face.

Pada saat berkendara, handling-nya nyaman. Suspensi depan dan belakangnya bekerja cukup baik meredam getaran jalan.

Sistem pengereman mengandalkan rem cakram di roda depan. Sementara roda belakang menggunakan rem tromol yang memadai.

Selanjutnya, untuk akomodasi tersedia dua konsol penyimpanan depan. Ada pula power outlet, tetapi masih memerlukan adaptor tambahan.[7]

Jika Anda menginginkan kenyamanan tambahan, Gear Ultima Hybrid S menawarkan fitur Stop & Start System (SSS) dan integrasi aplikasi Y-Connect.

Fitur

Hybrid

Hybrid S

Y-Connect

 

SSS

 

Answer Back System

 

Speedometer Digital

 

Keunggulan Yamaha Gear Ultima Hybrid

Kesimpulannya, Gear Ultima 125 Hybrid ini membawa peningkatan besar dibandingkan dengan versi lama. Keunggulan yang ditawarkan antara lain:

  • Pertama, handling lebih lincah dan nyaman.
  • Mesin juga hemat bahan bakar dengan torsi lebih besar.
  • Posisi berkendara ergonomis untuk berbagai postur tubuh.
  • Suspensi empuk untuk penggunaan harian.
  • Desain bodi lebih kekar, memberikan kesan gagah dan kuat.

Berapa harganya?

Harga

Harga Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid ada di kisaran harga 19 jutaan. Sementara itu, varian Hybrid S cuma sedikit lebih mahal, yakni 21 jutaan.

Semua yang Yamaha tawarkan di harga segini jelas menjadi pilihan menarik di segmen segmen matic entry-level. Apalagi mesinnya sudah hybrid.